7+ Tips Menulis Artikel Blog Dengan Gaya Bebas Tapi Berkualitas

Tulisan yang ringan dengan gaya bebas tentunya menjadi pilihan utama bagi sebagian besar Blogger dalam menulis. Anda tahu sebabnya apa? Ya, karena memang basic untuk menulis gaya formal tidak semua orang menguasainya.

Namun seiring berjalannya waktu dan pengalaman dalam dunia Blogging terus bertambah, tentunya kemampuan seorang Blogger dalam menulis artikel akan semakin meningkat. Yang pada akhirnya, tulisan yang terbit akan lebih berkualitas.

Pasalnya, mau tidak mau kita harus tunduk pada pengunjung. Karena Google sendiri mengedepankan dengan jelas, bahwa interaksi visitor dengan website kita memberikan dampak yang signifikan, serta menjadi tolok ukur yang penting bagi mesin pencari untuk memberi penilaian.

Untuk itu, menyeimbangkan gaya tulisan yang santai dan bebas, namun tetap mengutamakan kualitas, adalah cara terbaik dalam mencuri hati visitor dan mesin pencari. Itulah mengapa, mayoritas pakar menyarankan teknik Copywriting yang lebih memprioritaskan kenyamanan pengunjung.

Kalau anda masih tergolong baru dalam dunia Blogging, serta kemampuan merangkai kata demi kata yang masih lemah, beberapa tips di bawah ini akan memberikan pandangan dan panduan yang bisa dijadikan referensi, agar kemampuan anda dalam menulis semakin meningkat :

1. Tuliskan apa yang Anda pikirkan serta pernah Anda alami

Saat Anda memikirkan berlibur ke suatu tempat wisata seperti pantai, maka menulislah segera tentang pantai yang sudah Anda kunjungi tersebut, misalnya, Wisata Pantai Paling Menarik di Madura, dan sebagainya.

Jika perlu sertakan foto Anda untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar pernah pergi kesana. Isi kerangka artikel dengan informasi yang berurutan dan lengkap, jangan hanya berputar-putar tanpa alur yang jelas.

2. 30 menit untuk 500 kata.

Saat menulis dengan gaya bebas, jangan terlalu dipusingkan urusan formating, editing maupun tata bahasa yang akan Anda gunakan. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak menekan tombol backspace, karena itu akan menghabiskan banyak waktu.

Lakukan editing setelah Anda benar selesai menulis sebuah artikel dengan 500 kata. Menulis kebanyakan menggunakan otak kiri, sedangkan editing menggunakan otak kanan yang lebih kreatif. Sempurnakan artikel dengan mengulang membacanya sekali lagi.

3. Gunakan bahasa yang Universal

Saat anda mulai menulis, jangan lakukan sesuka hati Anda termasuk kosa kata yang Anda gunakan. Implementasikan bahasa yang mudah dihami pembaca. Ingat, editing dilakukan pada tahap akhir.

Yang terpenting adalah, informasi yang anda sajikan bukan hanya bacaan tak berujung. Jika menulis mengenai materi suatu permasalahan, usahakan pula untuk memberikan solusi terbaik yang bisa kamu paparkan.

4. Tulislah sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan yang baik adalah yang bermanfaat bagi pembaca dan calon pembaca lainnya. Meskipun temanya sederhana, namun bermanfaat dan itu pasti diburu. Contoh, Anda menuliskan pengalaman Anda tentang cara mengganti ban mobil dengan efektif.

Para pembaca yang berhasil menarik suatu kesimpulan dari artikel yang anda tulis, tentu akan memberi sinyal positif untuk kemajuan website anda. Untuk itu, berikan yang terbaik melalui artikel yang dibagikan.

5. Jangan takut dan malu dalam menulis.

Jika Anda ingin mempublish tulisan untuk konsumsi khalayak ramai, jangan pernah takut ataupun malu. Kesalahan penggunaan kata pada awalnya itu sangat biasa, dan dari kesalahan itu pada akhirnya kita bisa bejalar mana yang paling benar.

Jika Anda mencoba dan ternyata itu salah, tandanya Anda sudah berusaha. Bandingkan jika Anda tidak pernah melakukan kesalahan, yang artinya Anda tidak pernah mencoba. Seiring berjalannya waktu, semua akan membaik dan terus membaik.

6. Jadilah diri sendiri.

Pada saat Anda menulis, jangan sungkan untuk mengungkapkan ide dan gagasan Anda sesuai dengan bahasa dan nada penulisan Anda. Lama kelamaan, Anda akan menemukan ritme dan gaya Anda sendiri dalam menulis. Jangan meniru orang lain yang  lebih sukses, karena belum tentu membuat Anda nyaman.

7. Jangan memaksakan diri

Saat Anda benar-benar “blank’ alias tidak memiliki ide sama sekali untuk menulis, jangan menjiplak ataupun copy paste tulisan orang lain. Cobalah untuk membaca beberapa artikel, barang kali Anda bisa terinspirasi dan mulai menemukan sudut pandang berbeda dalam menulis.

8. Tulislah sesuatu yang Anda kuasai.

Menulis bukan sekedar menampilkan rangkaian huruf menjadi kalimat melainkan menyampaikan informasi, ide maupun gagasan dalam bentuk rangkaian kalimat aktif. Selain itu, memiliki tujuan yang jelas, dan ditujukan untuk siapa.

Ketika keterbiasaan anda dalam menulis artikel yang santai dan berkualitas, maka akan membantu dalam menyelesaikan artikel dengan lebih cepat. Dengan begitu, blog anda akan kaya dengan konten.

Di sisi lain, kemampuan ini bisa juga bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa, dan dipromosikan ke berbagai Situs Freelancer Indonesia secara gratis.

Penutup

Nah, itulah 8 tips menulis artikel dengan gaya bebas namun berkualitas, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam menulis. Terima kasih.

Tinggalkan komentar