6 Situs Streaming Video Selain Youtube yang Tak Kalah Keren

Youtube merupakan situs streaming video paling populer saat ini. Tapi tahukah kalian ternyata masih banyak lagi situs streaming video selain youtube yang juga tak kalah populer. Bahkan beberapa diantaranya punya fitur yang unik dan seru.

Streaming video secara real time menjadi trend dikalangan netizen saat ini. Dibandingkan dengan upload video biasa, streaming memungkinkan kita menjangkau penggemar atau subscriber secara langsung. Selain itu juga sering dipakai sebagai media pembelajaran seperti halnya webinar.

Jika ingin mencoba menggunakan situs streaming selain youtube, anda bisa mencoba salah satu situs berikut ini:

1) Facebook Live Stream

Sebagai media sosial terbesar di dunia, layanan facebook live streamnya pun sangat diminati walau tergolong baru karena baru diluncurkan tahun 2016 lalu. Menurut data dari Hubspot bahwa 78% pengguna facebook menonton siaran live stream.

Fitur ini hanya bisa dijalankan melalui Fanspage atau halaman facebook, tidak bisa langsung di akun personal seperti halnya instagram live. Semakin banyak follower dan interaksinya, maka semakin meningkatkan jumlah tontonanannya.

2) Vimeo

Situs layanan video asal Amerika Serikat yang diluncurkan tahun 2004 ini memang populer di berbagai negara, dulunya pun di Indonesia populer. Namun karena kelalaian pihak vimeo dalam memfilter berbagai video dengan konten dewasa, akhirnya diblokir di Indonesia pada tahun 2014. Diberbagai negara seperti India dan juga Turki vimeo pun diblokir.

Bila ingin menonton stream video di situs ini, bisa kita gunakan VPN. Namun tentunya sangat jarang konten berbahasa Indonesia yang bisa kita temukan di vimeo.

3) Vidio

Platform streaming lokal ini juga tak kalah kualitasnya dengan youtube dan lainnya. Karena layanan lokal, vidio pun sering menyiarkan berbagai macam video langka seperti kompetisi liga sepakbola Indonesia dan liga champions yang tidak bisa kita temukan di layanan lain.

Tak hanya itu, disini kita juga bisa streaming TV nasional maupun internasional dengan channel yang cukup lengkap. Semua bisa didapatkan disini tanpa perlu punya layanan TV berbayar lagi.

4) Metaface

Mungkin sebagian besar dari kita agak asing mendengar situs satu ini. Metaface yang berbasis di USA dan Israel ini sebenarnya cukup bagus seperti Youtube. Hanya saja ada limit video yang bisa kita upload yakni hanya berkisar antara 5 sampai 10 menit saja.

Metaface dikembangkan sejak tahun 2003 dan cukup mendapatkan perhatian banyak orang. Bagi para konten kreatornya pun bisa mendapatkan penghasilan apabila video yang dihasilkan memiliki banyak viewers.

5) MeTube

Sama seperti vidio, metube ini juga salah satu situs streaming video selain youtube yang berasal dari Indonesia. Walau selisih berdirinya dengan vidio tertinggal 1 tahun lebih, namun popularitasnya tak kalah jauh. Karena pemilik kedua situs ini adalah perusahaan raksasa di Indonesia yakni Emtek untuk vidio dan MNC Group untuk metube.

Walau secara fitur dan kualitas bisa dikatakan sangat jauh dari youtube, tapi setidaknya kita bisa bangga karena Indonesia punya layanan streaming video sendiri. Harapannya pun semua masyarakat bisa mengapresiasi sehingga bisa go internasional.

6) Periscope

Periscope secara khusus diciptakan untuk streaming live video. Periscope sendiri merupakan layanan stream yang berada dibawah naungan twitter. Jadi saat kita stream di Periscope, bisa langsung membagikannya ke follower akun twitter kita. Bahkan bila mengaktifkan fitur replay, siaran langsung itu bisa diputar ulang dilain waktu.

Dari segi tampilan pun sangat simpel. Fitur yang tersedia hanya beberapa seperti komentar, replay video, privasi, integrasi ke twitter dan juga notifikasi. Siapapun bisa menggunakan layanan ini dengan mudah.

Itulah beberapa macam layanan situs streaming video selain youtube yang tak kalah keren untuk dicoba. Tentunya beda layanan beda pula sensasinya, anda bisa tahu kelebihan dan kekurangannya setelah mencobanya sendiri.

Tinggalkan komentar