4 Manfaat dan Peran Internet Dalam Dunia pendidikan

Manfaat dan Peran Internet Dalam Dunia pendidikan,Mkomsel.com | Peran internet tidak dapat dipungkiri berpengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan.  Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat cenderung tidak bisa lepas dari internet. Seperti, smartphone, Tv yang menggunakan internet, dan lain sebagainya. Internet seolah-olah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan sehari-hari.

Internet membuat kehidupan masyarakat cenderung lebih efektif dan efisien, termasuk dalam bidang pendidikan. Ini bisa dilihat pelaksanaan Ujian Nasional di tingkat sekolah menengah pertama umumnya telah berbasis komputer, tidak lagi menggunakan kertas ujian.

Hal ini dilakukan, karena ujian berbasis komputer dipandang lebih efektif dan efisien dibanding dengan ujian yang menggunakan kertas seperti sebelum-sebelumnya.  Baik meliputi para pelajar yang mengerjakan maupun dalam pemeriksaan ujian nantinya.

Selain itu, pelajar sudah akrab dengan dunia teknologi di era ini. Internet seperti sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar  pelajar. Lalu apa saja peran internet dalam dunia pendidikan? Kita akan bahas lebih jauh mengenai  peran internet melalui poin-poin berikut ini,

1. Internet Sebagai Media Belajar Formal

Banyak  aplikasi yang menyediakan bahan pelajaran untuk para pelajar. Sehingga, memungkinkan para pelajar untuk belajar secara mandiri, baik di rumah atau dimanapun.  Aplikasi ini pun, biasanya dilengkapi oleh fasilitas tanya jawab.

Sehingga para pelajar, dapat menanyakan perihal materi yang mereka tidak paham atau tidak tahu dengan leluasa. Aplikasi yang ditawarkan pun ada yang gratis ada yang berbayar. Akan tetapi, lebih banyak yang berbayar.

Meskipun ada yang gratis, tetapi fasilitasnya tidak seperti aplikasi yang berbayar. Biasanya, aplikasi berbayarpun menyediakan trial secara gratis terlebih dahulu sehingga pelajar dapat mencoba aplikasi tersebut, apakah cocok atau tidak dengan mereka.

2. Internet Sebagai Media Belajar Informal

Selain teknologi dapat membantu para pelajar dalam pelajaran akademik yang ada di sekolah, Peran Internet Dalam Dunia pendidikan sekolahpun dapat membantu tumbuh kembang pelajar. Misalnya, dalam mengasah soft skill pelajar.

Tentunya, setiap pelajar memiliki kemampuan yang berbeda-beda diluar kemampuan  dalam dunia akademik. Teknologi inilah yang membantu para pelajar untuk mengembangkan kemampuan mereka, baik melalui sebuah artikel maupun vidio.

3. Teknologi Sebagai Media untuk Menyimpan Database Pelajar

Database ini kebanyakan digunakan oleh para guru untuk meninjau para pelajar. Jika dahulu data-data pelajar disimpan dalam sebuah buku tebal, lain hal nya dengan sekarang. Data-data pelajar disimpan rapih di sebuah google drive atau penyimpan online.

Data ini tentunya, dapat dengan dibawa kemana saja  dengan mudah. Tidak perlu lagi membawa buku tebal atau tas yang lumayan besar  kemana-kemana. Cukup dengan jaringan internet,  database pun bisa dibuka kapanpun dan dimanapun.

4. Internet Sebagai Bahan Evaluasi Kualitas Pendidikan

Internet dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas pendidikan yang diberikan kepada pelajar. Bahan evaluasi ini didapat dari database pelajar yang di kumpulkan. Lalu apa saja isi database pelajar ini?

Tentunya bukan hanya sebatas nama-nama pelajar saja, akan tetapi memuat nila-nilai akademik mereka, sikap mereka, dan lain sebagainya yang memang dibutuhkan oleh guru atau para peninjau untuk mengetahui seberapa besar kualitas dari pendidikan yang pelajar terima.

Itulah 4 peran internet dalam dunia pendidikan yang bisa saya bagikan, semoga dengan adanya internet, pendidikan di negara ini semakin berkualitas bukan hanya menambah kuantitas. Hal ini karena sebanyak apapun kuantitas jika kualitas tidak ada maka itu percuma.

Maka, sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan begini, diharapkan internet  dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan dunia pendidikan. Tentunya ini bukan tanggung jawab seorang saja akan tetapi tanggung jawab kita semua.

Tinggalkan komentar